Sabtu, 25 Agustus 2012

Ada terowongan Karang di Pantai Srau Pacitan

Langit biru, ombak berdebur,
pasir putih,  
air laut yang jernih, dan udara yang penuh oksigen...segar! 
Buat yang suka keindahan, pencari inspirasi, adventurer, atau cuma sekedar jalan-jalan; Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur adalah salah satu pantai yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.   

Pantai Srau terletak di Dusun Srau Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tepatnya 25 km di sebelah Barat Kota Pacitan. Pantai ini dapat ditempuh baik dari Kota Pacitan dengan menempuh perjalanan selama 1/2 jam, maupun dari Kota Solo dengan melewati kaki Gunung Lawu, menempuh arah menuju Pantai Teleng Ria Pacitan. 


Di pinggir jalan utama menuju Teleng Ria ini, akan terpampang petunjuk jalan menuju Srau, walaupun untuk menuju lokasi masih ada jarak sekitar 15km dari petunjuk tsb.

Rute dari Solo adalah: Solo – Sukoharjo – Ngadirojo – Baturetno – Giriwoyo – Donorojo – Punung – Pringkuku – Desa Candi - Pantai Srau. Perjalanan dengan mobil pribadi akan memakan .waktu sekitar 3,5 - 4 jam dengan melalui jalan pegunungan yang sempit dan berkelok-kelok, namun aspalnya cukup mulus dan banyak pemandangan bagus yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.



Pantai Srau pada saat ini belum begitu banyak di kenal orang, justru dengan begitu kebersihannya masih sangat terjaga, serta suasananya masih alami. Namun begitu bersama dengan Pantai Klayar dan Watu Karung, pantai-pantai ini mulai dikenal oleh para 'bule' sebagai lokasi surfing.

Pantai Srau terdiri dari 3 bagian pantai, yang dipisahkan oleh bukit-bukit karang. Tarif masuk ke Lokasi, cukup Rp 5000 saja (tahun 2012), itupun sudah termasuk biaya parkir.

Pantai pertama yang tidak jauh dari loket masuk ditandai dengan adanya bukit-bukit karang di tengah laut, maupun di bibir pantai. Ombak di pantai ini lumayan besar, pasir pantainya putih dan air lautnya sangat biru. 


Dipisahkan oleh perbukitan, sekitar 100 meter kemudian ke arah Barat tampaklah pantai kedua, dengan pasir yang sama-sama putih bersih dan lautan biru jernih. Banyak terdapat pedagang makanan-minuman menggelar dagangannya di warung-warung sederhana di bagian pantai ini. 
Dudukan dari beton di beberapa bagian pantai, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan dari pinggiran pantai. Di pantai ini juga terdapat lokasi surfing, yang sering dikunjungi bukan hanya oleh penduduk lokal namun juga oleh wisatawan mancanegara.



Terowongan laut, yang terdapat di pantai kedua
Terowongan dari karang ini salah satunya, yang menjadi keunikan pantai Srau dibanding pantai-pantai lainnya. Daya tarik lainnya adalah jenis pasir pantainya yang merupakan pecahan dari karang-karang yang terhempas ke daratan, yang lambat laun menjadi pasir yang butir-butirnya halus dan bersih.


Pasir pantainya berbulir halus....pecahan dari karang-karang yang terhempas ombak
Bila kita melanjutkan perjalanan, deretan pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai akan menyambut kita, sesaat sebelum memasuki kawasan pantai ketiga yang terletak di bagian paling Barat pantai Srau. Pantai ini ditandai dengan adanya semacam anjungan di atas bukit karang yang relatif luas. Dengan menaiki bukit ini, kita leluasa memandang jauh ke lautan lepas dengan airnya yang berwarna biru, memuaskan dahaga kita akan keindahan alam, karunia Sang Pencipta. Dan pada sore hari, dari atas bukit ini kita dapat melihat pemandangan sunset yang menawan.

Semua kawasan pantai tersebut dihubungkan oleh jalan beraspal mulus menyusuri sepanjang bibir pantai, memisahkan pasir pantai dengan hamparan rerumputan yang ditumbuhi pohon kelapa

Seperti pada Pantai Teleng Ria Pacitan, pantai ini juga pada waktu-waktu tertentu didatangi ubur-ubur yang beracun. Racunnya membuat kulit terasa terbakar. Walaupun adanya hanya pada musim-musim tertentu, namun kita perlu tetap waspada. Tapi, jangan khawatir di loket masuj selalu disampaikan informasi tentang ini, sehingga kita tetap aman jika berkunjung dan bermain di pantai ini.

So....ayo ke Pantai Srau !



Bukit karang seperti ini, sangat banyak di pantai Srau

Karang-karang di pinggir pantai, ikut menghiasi Pantai Srau






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATEST POSTS