Sabtu, 14 Juli 2012

Ora Beach, surga pecinta snorkeling

Ora Beach ! Terdengar seperti bukan di Indonesia. Tapi ini asli Indonesia, di Maluku, Utara Pulau Seram. Ada surga tersembunyi bagi penyuka kegiatan snorkeling atau berenang di antara terumbu karang.

Atau malah untuk yang ingin lari dari keramaian, menyepi, honey moon.....
Tempatnya memang jauh dari keramaian,tidak ada tv, no wi-fi juga tapi (syukurlah) sudah ada sinyal hp (yang ada telkomsel dan excel)

Hamparan taman terumbu karang yang berwarna warni, air laut yang sangat bening, biru berkilauan tertimpa cahaya matahari, ikan-ikan bermain di sela-sela koral dan karang. Satu hal yang jarang ditemui ditempat lain : laut yang tenang, tanpa ombak, nyaris tanpa gelombang. Di sela-sela pohon bakau / mangrove, keluar mata air tawar yang berbaur dengan air laut. Ada air tawar di laut. It's amazing !




Air laut yang tenang dan jernih, terhampar menuju Ora Beach Resort
Ora Beach atau Pantai Ora terletak di Desa atau Negri (sebutan desa bagi orang Maluku) Saleman, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Pantai ini akan terlihat di sebelah kanan, bila kita dalam perjalanan menuju Negri Sawai. Lihat di Sawai, ikon keindahan Maluku

Hutan yang masih alami terlihat dibalik Ora Beach Resort
Untuk sampai ke sini, dari Pulau Ambon Maluku, melalui pelabuhan Amahai kita harus menyeberang ke Pelabuhan Tulehu di Pulau Seram (bagian Utara). Pantai Ora ini ada di tepi Pulau Seram Bagian Selatan.
Tersedia kapal cepat 'Cantika Anugrah', dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam antara dua pulau tersebut. Harga tiketnya adalah Rp. 100ribu untuk kelas ekonomi dan Rp. 150ribu untuk kelas VIP.


Perahu tertambat di samping dermaga Pantai Ora
Sesampainya di Pulau Seram, kita dapat mencari mobil sewaan / rentalan untuk menuju desa Saka Negeri Saleman di bibir pantai Seram Selatan, yaitu desa tempat berlabuh menuju Pantai Ora. Perjalanan dari Tulehu (di Utara) menuju Saka (di Selatan) ini jaraknya kurang lebih 85 km. Kita akan melewati Masohi (ibukota Kabupaten Maluku Tengah), dan juga hutan hujan Taman Nasional Manusela...
Ada juga angkutan umum yang melayani jalur ini, tapi sangat jarang dan ongkosnya lumayan mahal. Melalui jalan Trans seram, jarak perjalanan sejauh + 85 km ini, ditempuh dalam waktu 3,5 jam. Jalan berbelok-belok dan naik turun pegunungan ini sebaiknya dilakukan di siang hari (sangat jarang rumah penduduk atau desa yang dilewati) 

Dari Saka kita harus menggunakan perahu Long Jon, yang biasanya disediakan oleh pengelola resort, atau kita bisa negosiasi dengan penduduk setempat untuk di antarkan ke sana.

Dermaga kayu, menghubungkan kamar-kamar (bungalow) di Ora Beach
Pantai Ora termasuk dalam Negeri Saleman, Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah, bersebelahan dengan Penginapan Lisar Bahari di Negeri Sawai (lihat Sawai Ikon Keindahan Maluku). Rute perjalanan yang ditempuh sama-sama start dari Desa Saka. Kita akan sampai ke Pantai Ora terlebih dahulu (+ 15 menit perjalanan, sedangkan ke Sawai kita menempuh 30 menit dengan perahu)


Lautan dangkal bercampur dengan air tawar yang keluar dari sela-sela bebatuan
Memang rasanya jauh, dan melelahkan .....
Tapi semuanya terbayar oleh apa yang kita dapatkan, sensasional !


Lautan tenang dan jernih dipayungi langit yang biru bersih !
Bagi pecinta snorkeling, keindahan Pantai Ora melebihi apa yang dibayangkan. Inilah 'surga' itu : terumbu karang yang masih alami, biru dan jernihnya air laut dihiasi ikan-ikan yang berwarna-warni, pantai pasir putih yang bersih, limpahan sinar matahari yang memanjakan..... Apalagi yang diharapkan?


Pantai pasir putih yang landai melengkapi lautan biru yang menghampar
Di Pantai Ora, hanya ada satu penginapan yaitu Ora Beach Resort, dengan Rp 700.000/malam kita dapat menginap di cottage yang berada di atas air atau kamar darat yang bertarif Rp 400.000 atau Rp 500.000(untuk kamar yang baru). Kapasitas kamar-kamar ini adalah 2 orang, kalau lebih kita harus ambil ekstra bed dengan tatif Rp 250.000. 

Pengelola juga menyediakan paket makanan untuk tamu yang menginap, dengan membayar sebesar Rp. 250.000 per hari tamu kan mendapat sarapan, makan siang, makan malam dan snack dengan kopi/teh.
Karena tempat yang terbatas, dan jarak yang jauh sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lanjut akomodasi /cottage di Ora Beach Resort coba hubungi (+62)817 0833 554atau via email Orabeachresort@yahoo.com
atau menghubungi 

Baguala Bay Resort (di bawah 1 pengelolaan)
Jln. Raya Waitatiri Ambon, Maluku Tlp 0922-362717

atau Alvin Latuconsina di (+62) 08111-909-404

14 komentar:

  1. Efii,.. kalo nginep di sini teh berapa ya? Lupa lagi.. Pengen ke Ora Beach lagi.. Tp kalo inget rangkaian perjalanan, waktu & biaya.. hiihih... Tp emang terbayarkan yah dgn segala keindahan Ora Beach

    BalasHapus
  2. Harga kamar/malam Rp 700ribu, ditambah biaya makan Rp 250rb/orang/hari. Info lainnya bisa dilihat di http://bagualabayresort.wordpress.com/exotic-ora-beach/ atau kalo mau booking, bisa juga via :
    http://content.rajakamar.com/ora-beach-resort-penginapan-mengapung-di-maluku/

    Iya, Pantai Ora emang bagusss banget! Sayangnya, jauh (dari Pulau Jawa) !

    BalasHapus
  3. mbak, boleh tau itinerary kesana dulu kah? saya berencana ke sana nih dalam waktu dekat. thanks

    BalasHapus
  4. Maaf nih slow respons...
    Itinerary untuk ke Ora Beach, kira2 kayak gini :
    H-1 Tiba di Ambon
    Pilihan pesawat: Lion Air Jkt-Ambon 1. Jam 01.30-07.00 (WIT), 2. 05.10-13.00 (WIT),
    Kalo pilihan dtg jam 7, kita bisa langsung ke Pelabuhan Tulehu menuju Pelabuhan Amahai di Seram Utara, kl datang jam 13, kita harus nginep dulu. Sambil nginep kita bisa city tour sore-malam. Saya waktu itu nginep dulu
    H-2 Naik kapal cepat dari Ambon (Tulehu) ke Seram (Amahai), jadwal keberangkatannya tiap jam 09.00 dan jam 13.00, lama perjalanan kapal 2 jam, makan siang di Kota Masohi, tiba di Negeri (semacam Desa) Horale sktr jam 15.00 (perjalanan dengan mobil rentalan), melintasi Taman Nasional Manusela
    Horale ini desa pelabuhan untuk menuju Pantai Ora. Dari sini dengan naik perahu Long Jhon, dalam 15 menit kita sudah sampai di Pantai Ora
    Begitu kira2...mudah2an puas dengan penjelasan saya
    Link untuk pemesanan kamar bisa dilihat di komen sebelumnya

    Salam

    BalasHapus
  5. Kira-kira perlu budget berapa ya untuk liburan di pantai Ora 3 hari 2 malam?termasuk biaya transportasi dari Jakarta sampai ke pantai Ora? Mohon informasinya ya..thanks

    BalasHapus
  6. bagaimana biasanya kondisi cuaca sekitar akhir juni? mohon informasinya dan terima kasih.

    BalasHapus
  7. Buat yang nanya budget :
    Sebetulnya budget terbesar adalah untuk tiket pesawat; karena harga tiket Jkt-Ambon variatif sekali tergantung waktu kita pesannya dan musim liburan atau enggak. Harga tiket ada di kisaran 1-3 juta satu kali jalan (cek website Lion, Citilink dll yang ada rute ke Ambon-nya)

    Budget di luar tiket:
    Penginapan di Ambon Rp.300-500rb/kamar/malam
    Mobil transit Rp. 150rb (dari Bandara ke Kota Ambon atau dari Bandara ke Pelabuhan Tulehu)
    Kapal cepat dari Pel.Tulehu-Amahai (pulau Seram) Rp.150rb/orang
    Rental mobil (minibus/APV) Rp. 500rb (termasuk supir dan bensin)
    Perahu Long Boat sampai di Pantai Ora Rp 200rb (Atau gratis tergantung perjanjian dengan pihak Ora Beach Resort)
    Biaya menginap Rp 700rb/ kamar/malam (biaya per Juli 2012)
    Biaya makan Rp 250rb /orang/hari

    Dari uraian di atas mungkin bisa diperkirakan biaya yg dikeluarkan untuk ke Ora Beach. Memang cukup mahal, lebih karena letak Ambon yang memang jauh dari Jakarta.
    Tapi daripada ke Maldives, atau pantai luar negeri lainnya? Ora Beach masih di Indonesia.

    BalasHapus
  8. Kondisi cuaca akhir Juni, seperti juga di daerah2 lain di Indonesia yang deket perairan atau pantai, sedang cerah karena masuk di musim kemarau. Cuaca cerah dan kering ini biasanya berlangsung penuh di Bulan Juni, Juli, Agustus sampai pertengahan September.

    Selamat berlibur...!

    BalasHapus
  9. Halo ibu Efi.
    bu saya mau tanya untuk masalah komunikasi di Ora Beach Resort menggunakan provider apa?
    terima kasih

    BalasHapus
  10. Bu sama mau bertanya,
    Saat itu ibu menggunakan travel atau backpack?
    saya mau menanyakan saat kita membeli tiket di pelabuhan kapal cepat Tulehu apakah banyak calo ? dan seberapa cepat kita harus membeli tiket?
    karena rencana'a kami akan backpack ke pantai Ora.
    terima kasih.

    BalasHapus
  11. oh iya bu 1 lg, untuk kondisi Listrik bagaimana disana? berapa lama nyalah'a?
    terima kasih

    BalasHapus
  12. mantaaapppppp bu perjalanannya...

    nambah lagi list negri yang wajib di kunjungi :D

    BalasHapus
  13. perjalanan yang berkesan, kami sangat bangga suatu saat nanti kami akan mengawal perjalanan anda dengan layanan antar jemput ke Ora Beach, www.pakodetiket.com

    BalasHapus
  14. wah...jd pengen cepet2 ksana..cmn masih bingung bulan apa yg terbaik ksana..soalnya ngerinya pantai nya kotor atau ombak besar shg susah naek perahu..
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti kartu nama kertas Anda dgn kartu nama online, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    BalasHapus

LATEST POSTS