Minggu, 18 Maret 2012

Siapa suruh datang Jakarta? Wisata Monas

Jakarta, ibu kota negara Indonesia.
Walaupun panas, sumpek, macet, banjir...siapa saja yang diberi kesempatan untuk berkunjung, pasti ingin datang ke ibukota negara kita tercinta ini.
Padahal....Siapa suruh datang Jakarta? (kata lagu...he..he...)

Nah...
bagi orang yang diberi kesempatan pertama kali datang ke Jakarta (terutama pribumi)  Monas atau Monumen Nasional jadi tempat pertama yang wajib dikunjungi. Dan memang...sampai saat ini Monas merupakan salah satu landmark (tengeran) yang identik dengan ibukota.

Berlokasi di Pusat Kota Jakarta, monumen yang dibangun pada tahun 1961 (dan selesai tahun 1975) ini merupakan gagasan dari Presiden Indonesia yang pertama Soekarno. Karena Indonesia pada saat itu belum memiliki bangunan/ monumen yang patut dibanggakan. Selain itu tujuan didirikannya adalah untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaannya. Sehingga dimensi dari tugu ini mengandung angka-angka 17-8-45.


Tugu Monas, dilihat dari pelatarannya yang luas

Menempati areal seluas 80 Ha, yang sebagian saat ini merupakan hutan kota, kawasan Monas ini berlokasi di tempat yang sangat strategis dan di kelilingi oleh bangunan - bangunan penting di ibukota; diantaranya adalah Istana Kepresidenan Republik Indonesia (Jalan Merdeka Selatan), Masjid Istiqlal, Museum Gajah dan Gereja Kathedral. Dengan tinggi mencapai 132m, kita dapat melihat pemandangan yang luas dari Kota Jakarta di ketinggian 115m, apalagi bila cuaca sedang cerah Gunung Salak di Bogor jauh di Selatan dan laut Jawa di Utara dapat terlihat. Terlebih bila kita menggunakan teropong yang tersedia, dengan membayar Rp 2000, kita bisa melihat secara mendetail pemandangan yang ada.

Pemandangan yang luas di Jakarta terlihat dari Tugu Monas,
tampak mesjid  Istiqlal di sebelah kiri

Sebagian hutan kota terlihat dari atas Monas



Info untuk wisata Monas (tahun 2012) :
  • Dibuka untuk kunjungan wisata setiap hari, kecuali setiap Senin terakhir tiap bulan
  • Harga tiket masuk wisata ke cawan Rp. 2500/orang untuk dewasa dan Rp. 1000/orang untuk pelajar/mahasiswa
  • Harga tiket masuk wisata ke pelataran puncak Rp. 7500/orang untuk dewasa dan Rp. 3500 untuk pelajar/ mahasiswa
  • Harga sewa teropong Rp. 2000/koin
Info lebih lengkapnya dapat dilihat di: info wisata monas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATEST POSTS